/
0 Comments

Cara Mudah Memperbaiki Masalah Koneksi Internet dengan Tuntas

Langkah awal memperbaiki masalah koneksi internet

1. Reboot/Restart PC Anda
Reboot/Restart PC Anda akan memperbaiki banyak kesalahan atau error umum yang sering terjadi pada komputer.

2. Periksa nama pengguna dan password yang diberikan oleh ISP
Pastikan nama pengguna atau user name dan password telah sesuai dengan yang diberikan oleh ISP, Terkadang nama pengguna dan password tersembunyi dapat berubah sendiri ntah bagaimana. Dengan memasukan ulang nama pengguna dan password akan memperbaiki masalah koneksi internet yang terjadi.

3. Periksa semua koneksi kabel
Jika kedua hal diatas telah Anda lakukan namun belum dapat mengatasi masalah, coba lakukan poin ketiga ini. Lepas kabel, tunggu beberapa detik dan kemudian pasang kembali. Dalam banyak kasus hal ini dapat juga terjadi yang disebabkan karena port kabel terkadang dapat hang. Dengan melepas dan memasang kembali kabel maka masalah Anda akan teratasi.

4. Perikas IP Adress Anda
check ip address
Jika hingga poin ketiga masih gagal juga, lakukan langkah ke empat ini dengan memeriksa alamat ip Anda dengan cara: Klik Start – All programs – Accessories – Command Prompt di Windows 7 atau Start – Programs – Accessories – Command Prompt di Windows XP. Pada Command Prompt ketikan “ipconfig” (tanpa tanda petik) dan kemudian tekan Enter. Disini akan ditunjukan seluruh IP (Internet Protocol) konfigurasi koneksi internet Anda. Lihat apakah Anda memperoleh sebuah alamat IPv4 seperti yang ditunjukkan pada gambar. Jika Anda tidak mendapatkan alamat seperti yang ditunjukkan dalam gambar setelah menjalankan “ipconfig”, maka sudah pasti Anda terputus dari ISP Anda, dan dalam hal ini, Anda perlu menghubungi ISP Anda untuk memperbaiki masalah tersebut.

5. Perbarui IP Address Anda
Jika Anda memperoleh alamat IP seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas dan masih tidak dapat terhubung, mungkin karena alamat IP yang diberikan ke modem Anda adalah cacat atau tidak konsisten. Dalam hal ini Anda dapat melepaskan alamat IP dan memperbaharui nya dengan memasukkan perintah berikut satu demi satu pada perintah prompt.
- Ipconfig /release
- Ipcongif /renew

Setelah Anda telah memperbaharui alamat IP Anda, coba lakukan koneksi lagi. Dalam kebanyakan kasus, seharusnya telah berhasil. Anda juga mungkin harus melakukan reboot atau restart PC Anda dan lihat apakah masalah telah dapat diatasi.


You may also like

No comments:

Archive

Flickr Images