Kelebihan, Kekurangan, Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

/
0 Comments
  • Kelebihan dan Kekurangan Linux
Kelebihan:
- Linux Bersifat open source, terbuka dan leluasa jadi untuk memperolehnya tak memerlukan anggaran (LISENSI FREE)  dan semuanya boleh di utak atik.
- Kini Linux telah mudah di operasikan. Bahkan kini orang awam pun telah tak sedikit yang memakainya beda dengan dulu pemakai linux identik dengan para peretas.
- Lebih unggul dalam faktor keamanan sebab linux adalah sistem operasi yang multiuser jadi apabila virus menyerang user tertentu, maka bakal sangat susah untuk menyebar ke user lainnya.
- Hampir semua software yang biasa dijalankan di windows, telah ada software linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux alias dapat juga memakai software emulator.
- linux memerlukan resource yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan Windows jadi tepat untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum
- Linux mempu berlangsung di dua mode.
- Linus lebih stabil jadi jarang crash alias nge-hang yang mengwajibkan kami untuk merestart komputer.
- Ada bermacam-macam opsi pada linux semacam Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
- Memiliki komunitas di beberapa penjuru dunia.

Kekurangan:
- User tak sedikit yang belum terbiasa memakai linux sebab mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
- Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tak terlalu baik pada linux. Apabila ingin menonton daftar-daftar hardware yang mendukung linux silahkan dilihat di www.linux-drivers.org alias www.linuxhardware.org/.
- Instalasi linux tak semudah Instalasi windows.
- Program/ Software di linux belum seampuh software windows.
- Bagi administrator sistem butuh belajar dahulu sebab belum terbiasa dengan Unix-like,.
- Struktur direktori dan hak jalan masuk yang membingungkan bagi user yang terbiasa memakai windows.

  •  Kelebihan dan Kekurangan Windows
Windows merupakan sistem operasi yang sering kita jumpai pada saat ini karena kebanyakan orang lebih nyaman dan mudah menggunakan sistem operasi windows dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Windows sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat, berikut adalah beberapa sistem operasi windows yang sering kita jumpai adalah 
windows XP, Sistem operasi ini sangat baik dan kompatibel dengan banyak aplikasi juga dukungan dari vendor-vendor yang lebih baik. Windows XP juga tdak memakan banyak memori saat instalasi sehingga sistem operasi sangat ringan untuk dijalankan.
Windows Vista, Sistem operasi ini juga hampir sama dengan windows XP tetapi mempunyai tapilan grafis yang lebih baik
Windows 7, merupakan pengembangan dari sitem operasi sebelumnya yang didukung oleh driver-driver sehingga lebih mudah untuk instalasinya.
Windows 8, merupakan sistem operasi keluaran terbaru dari windows dengan menyuguhkan antarmuka yang sangat cantik dan lebih baik.
Windows 10, adalah sistem operasi buatan microsoft terbaru terbit pada tahun 2015, ini adalah akhir dari microsoft yang katanya tidak akan ada update windows lagi dan ini yang terakhir. pada windows 10 penggunaan tombol start kembali seperti windows 7 karena adanya tombol start membantu pengguna dalam menjalankan dan menemukan software.
Dari sekian banyak sistem operasi buatan microsoft tersebut banyak kelebihan dan kelemahannya, berikut adalah

 kelebihan sistem operasi windows:

1.GUI yang familiar sehingga pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor
2.dukungan perangkat dari driver yang lebih baik
3.Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows
4.Mudah untuk digunakan, karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows
 
Kelemahan Sistem operasi Windows

1.Sistem operasi ini berbayar
2.Instalasi yang lebih sulit dibandingkan sistem operasi linux
3.Rentan terhadap serangan virus.

  • Perbedaan Windows dengan Linux
 Berikut merupakan berbagai perbedaan antara Linux serta Windows:
1. Dari sisi desain
- Linux : desain di linux sebetulnya hampir saama dengan desain pada windows. Hanya saja desain di linux sedikit monoton.

- Windows: desain pada Windows lebih berfariasi, desain Windows bisa kami ubah sedemikian rupa sesuai dengan yang kami inginkan.

2. Dari sisi ketahanan
- Linux: untuk sisi keamanan Linux populer tahan bakal serangan virus, namun bukan berarti Linux leluasa dari
virus, tapi virus itu tak bisa berkembang semacam halnya virus pada Windows.

- Windows: tak sama dengan Linux, windows lebih rentan terkena virus. Virus pada Windows mudah dengan cepat berkembang, sebab sifat komersialnya (tertutup) serta Windows juga rentan terkena serangan peretas.

3. Dari sisi harga
- Linux: dilihat dari harganya, harga Linux lumayan terjangkau. Faktor itu dikarenakan oleh sifat open source pada Linux, anggaran yang butuh di keluarkan hanyalah anggaran untuk jalan masuk internet yang di gunakan untuk mengunduh OS linux tersebut.

- Windows: apabila harga linux terjangkau sebab sifat open sourcenya, tak sama lagi denganWindows, harga OS Windows lumayan mahal. Tapi mengapa Windows masih laris di oasaran? Itu sebab kebutuhan serta sifat user friendly pada Windows yang menjadikan Windows masih laris di pasaran. Serta sebab lumayan mahal harga OS Windows tak sedikit pihak yang membajak.

4. Dari sisi pemakaian
- Linux: dengan ketahanan Linux kepada virus serta juga source codenya yang bisa dengan mudah diubah serta di tambah menjadikan Linux tak jarang di gunakan untuk sistem administrator.

- Windows: biasa dipakai oleh pelajar serta pekerja untuk membikin laporan. Sebab desain yang telah familiar di kalangan pelajar. Serta sebab interface pada windows yang mudah untuk pengoperasiannya.

Sekian artikel tentang kelebihan,kekurangan,dan perbedaan sistem operasi windows dan linux.
Semoga bermanfaat :)


You may also like

No comments:

Archive

Flickr Images